Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan – masa anak anak adalah masa yang sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya, terutama pada saat golden age di kisaran usia 3 tahun dimana, pada saat itu anak akan sangat mudah unuk menangkap informasi dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap lingkungan sekitarnya, untuk melakukan aktifitas aktifitas tersebut tentu anak memerlukan energi yang cukup agar tidak mudah lelah, oleh karena itu asupan makanan harus di perhatikan dengan benar oleh bunda.
Tips Mengatasi Anak Susah Makan, penyebab anak susah makan, cara mengatasi anak susah makan
Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Namun akan menjadi masalah yang besar apabila anak mengalami masa dimana ia susah untuk makan, seketika itu bunda pasti merasa bingung untuk membujuk anak agar tetap mau makan, bunda selalu diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi jika anak susah makan atau pilih-pilih makanan.

Ketika si kecil berusia 6 bulan, saatnya mulai memberikan makanan padat pendamping ASI. Saat inilah bunda harus lebih cermat memperhatikan pola makannya si kecil. mulai dari memberinya bubur susu, sari buah, lalu bertahap ke tekstur makanan yang lebih padat seperti nasi tim, dan seterusnya. Namun ketika memasuki usia tahun pertamanya, pada proses ini tentu tidak selalu berjalan mulus, ada beberapa penyebab yg mambuat si kecil susah makan. Masalah tersebut biasanya berupa menolak makanan, tidak suka sayur, hanya mau makan yang itu-itu saja (picky eater), atau mengemut makanannya berlama-lama. Kondisi ini sudah barang tentu membuat ibu khawatir akan kecukupan gizi si kecil, mengingat mereka masih dalam masa tumbuh kembang.

Faktor penyebab anak susah makan

Ada banyak faktor yang perlu bunda ketahui mengapa si kecil susah untuk makan, sebenarnya ada dua faktor penyebabnya yaitu faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik ini biasanya terdapat gangguan di organ pencernaan maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis pada anak, seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.

Cara mengatasi anak susah makan
Untuk mengatasi si kecil susah makan, bunda dapat menerapkan tips tips cara mengatasi anak ssah makan berikut ini, agar nafsu makan si kecil kembali meningkat dan tidak pilih pilih makanan lagi.

Mengatasi susah makan dengan variasi makanan.
Cara yang pertama untuk mengatasi anak susah makan, yaitu cobalah untuk menggunakan variasi makanan, hal ini agar anak tidak merasa bosan dengan menu makanannya, bunda juga bisa membimbing buah hati anda untuk memilih makanan yang ia sukai. Biasanya anak lebih suka dengan makanan pilihannya. Bunda bisa memvariasikan berdasarkan waktu makannya. Misal sarapan pagi : roti, kentang, telur, dan minum segelas susu, makan siang : nasi tim sayur dengan ikan, makan malam nasi sayur dengan daging/ayam. Jangan lupa sediakan buah-buahan atau pudding agar-agar sebagai penutup hidangan setiap selesai makan.


Melibatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.
Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi anak susah makan, yaitu dengan melibatkannya dalam menyiapkan makanan, hal ini dapat bunda lakukan agar anak menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang telah di siapkannya, selain itu anak juga dapat memilih makanan yang di inginkannya. Misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak anda memerlukan contoh dari orang tuanya. Bila anda mengkonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tua.

Sajikan makanan dengan menarik
Untuk menarik minat anak untuk makan, bunda dapat mencoba untuk menata dan mendesain makanan si kecil, bunda dapat menyajikan makanan tersebut dengan kombinasi warna, bentuk yang beragam sehingga makanan tersebut memiliki tampilan menarik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil. Contoh: Makanan Unik

Mengatasi susah makan dengan makan teratur
Dengan makan secara teratur maka anak akan terbiasa untuk makan di jam jam tertentu, sehingga anak tidak akan susah untuk makan ketika jam nya sudah datang, jadi mulailah untuk menjadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

Sajikan makanan dengan porsi kecil
Sajikan makanan dalam porsi kecil dulu, jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanan dengan porsi berlebihan karena lambung anak anda belum mampu menampung makanan terlalu banyak. Jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit agar ia tidak bosan dan bisa menikmati menu makanannya. Jika anak anda senang dan ketagihan biasanya ia cenderung meminta lagi setelah porsi yang dihadapannya habis.

Mengatasi susah makan dengan memberi cemilan sehat
Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.

Jadikan saat makan menyenangkan
Saat si kecil makan, bunda dapat menghadirkan proses makan yang sangat menyenangkan buatlah menjadi quality time antara bunda dengan si kecil, seperti menjadikannya seperti pesawat, mobil dll, oh ya hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah.
Hal ini dapat menyiratkan bahwa makanan penutup merupakan makanan yang paling enak dan baik untuk anak. Selain itu, dapat meningkatkan keinginan mengkonsumsi makanan manis bagi anak. Anda dapat memberikan makanan penutup selama 2 hari dalam seminggu, sedangkan pada pekan berikutnya tidak anda berikan. Buah, yogurt atau makanan sehat lain dapat anda ganti sebagai makanan penutup.

Nah bunda itu tadi beberapa tips mengatasi anak susah makan yang dapat bunda terapkan sebagai pencegahan atau bahkan mengatasi anak yang susah makan, karena asupan makanan yang di konsumsi oleh si kecil sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Tips Mengatasi Anak Susah Makan"

  1. Terimakasih artikel ini sangat amat bermanfaat, tetap update terus ya gan / sist :).
    Sekalian mau menawarkan nih...

    pengen menawarkan Bisnis Online terbaik nih :
    dapatkan uang tambahan setiap hari,
    Daftar sekarang juga di W W W. C E B A N Q Q . C O M (TanpaSpasi)

    ? Minimal Deposit Hanya Rp. 10.000
    ? Bonus Cashback 0,4%.
    ? Bonus Referral 20%.

    BBM : cebanqq | WA : +855882805276 | LINE : cebanqq | FB : cebanqq

    CEBANQQ Menerima Deposit Dari Semua Bank (Sinarmas, Panin, Permata, Syariah, DLL) Untuk Info Transfer Silahkan Hubungi CS Kami

    ReplyDelete

silahkan berikan komentar maupun pertanyaan seputar artikel diatas.
dilarang spam, terima kasih atas kunjungannya