cara paling efektif mengatasi kesemutan

Cara paling efektif mengatasi kesemutan – kesemutan merupakan penyakit yang cukup sering dialami oleh hampir semua orang, terutama orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan posisi yang tidak tepat maupun terlalu banyak duduk dalam waktu yang lama dan kurang melakukan gerakan gerakan, sehingga timbul masalah kesemutan secara tiba tiba.
cara paling efektif mengatasi kesemutan, penyebab kesemutan, mengatasi kaki kesemutan, tangan kesemutan
cara paling efektif mengatasi kesemutan

Kesemutan tidak memberikan rasa sakit tetapi kesemutan mampu membuat rasa yang tidak nyaman, karena secara tiba tiba tangan seperti tertusuk – tusuk jarum, kaku,  bahkan seperti tersengat listrik. Biasanya orang mengabaikan kesemutan yang dideritanya, karena menganggap bahwa kesemutan ini bukanlah penyakit yang berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun apabila intensitas kesemutan tersebut semakin tinggi, semakin lama semakin sering serta bidang cakupannya yang meluas dikhawatirkan kesemutan yang dialami merupakan gejala dari penyakit yang cukup serius. Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara paling efektif mengatasi kesemutan, sehingga anda dapat mengurangi intensitas timbulnya kesemutan atau bahkan mampu menghilangkan penyakit kesemutan tersebut.

Penyebab kesemutan

Secara umum kesemutan dapat disebabkan oleh gangguan fungsi pada serabut syaraf. Gangguan juga bisa mengenai system syaraf tepi, sel syaraf yang berada di sumsum tulang, atau di sepanjang syaraf tepi. seperti penyumbatan pembuluh darah bisa terjadi karena adanya bagian tubuh yang tertindih dalam waktu yang cukup lama misalnya menindih tangan saat tidur, tidur miring sehingga kesemutan ini dapat memberikan efek seperti rasa kebas, nyeri dll.  

Penyumbatan Pembuluh Darah
Salah satu penyebab utama timbulnya kesemutan yaitu penyumbatan pembuluh darah,  biasanya terjadi karena ada bagian tubuh yang terlipat, tertindih, atau tertekan terlalu lama. Penyumbatan pembuluh darah jika terjadi dengan waktu yang sangat lama tentu akan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya dari pada sekadar kesemutan.

Kekurangan Vitamin Neurotropik
Vitamin neurotropik merupakan vitamin yang sangat baik untuk menjaga fungsi saraf, vitamin yang termasuk kedalam vitamin neurotropic yaitu vitamin B1, B6 dan B12.  Salah satu akibat dari kekurangan  vitamin neurotropic dapat mengakibatkan penyakit anemia pernisiosa yang menyebabkan timbulkan kesemutan.

Diabetes Melitus
Penderita diabetes melitus atau kencing manis akan mengalami mikroangiopati atau kekurangan makanan pada saraf.  Akibatnya pembuluh darah dan perifer mengalami gangguan. Inilah yang memicu terjadinya kesemutan pada penderita kencing manis.

Penyakit Sistemik
Banyak penyakit yang termasuk dalam penyakit sistemik, penyakit tersebut antara lain penyakit hati, ginjal, kerusakan pembuluh darah, penyakit darah, amylodosis, gangguan jaringan ikat, kanker, dan tumor jinak.  Penyakit-penyakit tersebut mengakibatkan ketidakseimbangan hormon pada sistem saraf sehingga menimbulkan kesemutan.

Cara paling efektif mengatasi kesemutan

Mengatasi kesemutan dengna memperbaiki aliran darah
Salah satu cara utama untuk mengatasi kesemutan yaitu dengan memperbaiki aliran darah di bagian tubuh yang kesemutan, seperti dengan menggerak – gerakkan tubuh yang kesemutan secara perlahan atau dengan memijatnya.

Mengatasi kesemutan dengan mengkonsumsi vitamin
Konsumsi vitamin B1, B6, an B12 dapat mencegah timbulnya kesemutan.  Vitamin ini membantu memperbaiki fungsi syaraf dan berfungsi sebagai zat pengantar metabolisme tubuh. Ketiga vitamin tersebut tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi melalui makanan.

Mengatasi kesemutan pada tangan
Saat tangan anda merasa kesemutan, anda tidak perlu panic dan kawatir berlebihan, karena kesemutan pada tangan disebabkan oleh karena terhambatnya aliran darah yang mengalir ke syaraf – syaraf pada tangan.  Kesemutan pada tangan biasanya timbul ketika seseorang sedang dalam posisi tidur dan terkadang tidak menyadari bahwa tangan terhimpit atau tertindih dengan badan. Bisa juga terjadi karena aktivitas lain dimana tangan menopang atau memegang suatu benda terlalu lama. Untuk mengatasi masalah kesemutan tersebut anda dapat menerapkan tips tips berikut ini :
  • Segera posisikan tangan pada posisi yang nyaman.
  • Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentikkanlah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan. Lakukan hal yang sebaliknya jika terjadi pada tangan kanan.
  • Setelah sobat melakukan hal di atas sobat akan merasakan tangannya seperti tertusuk – tusuk dan ketika tangan dipindahkan akan terasa kebas yang rasanya tidak menyiksa. Cukup diamkan hingga rasa kebas menghilang perlahan.


Mengatasi kesemutan pada kaki
untuk mengatasi kesemutan pada kaki penyebabnya pun hampir sama seperti kesemutan pada tangan, kesemutan pada kaki juga disebabkan karena terhambatnya aliran darah ke syaraf kaki. Kesemutan yang terjadi di kaki biasanya karena terlalu lama duduk bersila atau ketika kaki tertindih terlalu lama. Untuk mengatasinya, ada tips yang bisa sobat praktekkan, diantaranya adalah:
  • Segera posisikan kaki dalam keadaan nyaman
  • Jika kesemutan terjadi pada kaki kiri maka jentikkanlah dengan sekuat tenaga jempol tangan kanan. Lakukan hal yang sebaliknya jika terjadi pada kaki kanan.
  • Setelah sobat melakukan hal di atas sobat akan merasakan kakinya seperti tertusuk – tusuk dan ketika kaki dipindah posisikan akan terasa kebas yang rasanya tidak menyiksa. Cukup diamkan hingga rasa kebas menghilang perlahan.


Nah itu tadi beberapa tips cara paling efektif mengatasi kesemutan yang dapat anda terapkan dengan mudah semoga dengan menerapkan tips ini anda dapat terbebas dari penyakit kesemutan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "cara paling efektif mengatasi kesemutan"

  1. Fans^^Bett1nG J_u_d_i On^^line Terpercaya
    Proses Depo dan WD hanya dalam waktu 3 menit .. buruan D4ftar ya :)

    ReplyDelete

silahkan berikan komentar maupun pertanyaan seputar artikel diatas.
dilarang spam, terima kasih atas kunjungannya