Manfaat dan bahaya mandi dengan air hangat

Manfaat dan bahaya mandi dengan air hangat yang wajib anda ketahui – mandi merupakan aktivitas yang biasa kita lakukan untuk membersihkan tubuh dari debu, kotoran dan bakteri yang menempel di tubuh setelah beraktifitas selama seharian penuh.  Mandi biasanya menjadi suatu aktifitas menyenangkan karena kita dapat merelaksasikan tubuh dari kepenatan. Namun saat malam hari, ketika kita ingin mandi kita terbayang bayang akan resiko timbulnya rematik, sehingga anda lebih memilih untuk menggunkana air hangat saat mandi. 

Manfaat dan bahaya mandi dengan air hangat, tips mandi sehat, bahaya mandi dengan air hangat
Manfaat dan bahaya mandi dengan air hangat

Memang saat kita mandi air hangat mampu memberikan beragam manfaat bagi tubuh kita seperti membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran setelah melakukan aktivitas seharian penuh selain itu juga dapat memberikan kesegaran pada tubuh, ada baiknya mencampurkan air perasan lemon dalam air hangat yang digunakan untuk mandi. Namun yang perlu anda ketahui bahwa mandi air hangat pun memiliki resiko dan dampak negative bagi tubuh anda. Nah untuk lebih jelasnya kita akan membahas dalam airtikel manfaat dan bahaya mandi dengan air hangat yang wajib anda ketahui.

Manfaat mandi dengan air hangat

Menyegarkan tubuh
Mandi air hangat dapat membuat pori-pori pada kulit kita terbuka sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. Selain itu air hangat juga dapat membersihkan pori pori yg tersumbat oleh debu atau kotoran setelah beraktifitas seharian. bila pori – pori sudah terbuka itu akan membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan sehingga segala kotoran pun akan terlepas. Bila ingin ditutup kembali maka tinggal disiram dengan air dingin.

Hilangkan Stres dan Insomnia
Manfaat selanjutnya dari mandi dengan air hangat adalah mampu membuat kita merasa releks, hal ini tentu dapat meringankan sakit dan tegang pada otot dan memperlancar peredaraan darah. Oleh karena itu setelah melakukan aktifitas yang sibuk seharian, sebaiknya anda melakukan mandi dengan air hangat untuk mengembalikan fikiran anda agar menjadi lebih fresh dan juga merelekskan tubuh anda agar tidak capek.  Sehingga saat anda tidur, akan memperoleh tidur yang berkualitas, dan pada esok harinya anda siap untuk bekerja lagi.

Memperlancar aliran darah
Ternyata mandi dengan air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Cipratan airnya pada tubuh pun akan terasa seperti pijatan, sehingga tubuh akan merasa lebih relaks. Dengan begitu setelah mandi dengan air hangat tubuh anda menjadi lebih segar dan fresh dari pada sebelumnya. 

Mampu mengatasi masalah kulit kering
Saat malam hari udara cenderung terasa lebih dingin tentu hal ini dapat membuat kulit anda menjadi kering dan pecah-pecah, apalagi jika pada siang harinya anda bekerja di ruangan yang ber AC tentu kemungkinan terkena kulit kering akan meningkat.  Tapi tenang untuk mengatasi kulit kering tersebut, anda bisa menggunakan pelembab atau pun body lotion pada saat bekerja di ruangan ber AC. Tapi, sebaiknya sebelum tidur anda mandi dengan air hangat terlebih dahulu agar kulit anda terlihat lebih segar dan tidak kering di pagi harinya.


Mampu mengatasi batuk
Mandi air hangat dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita, ini dikarenakan uap panas yang berasal dari air hangat tersebut kita hirup sobat, dan lagi uap itu pula bisa menghilangkan phlegm (hingus/dahak) yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.

Resiko dan bahaya mandi dengan air hangat

Namun dibalik manfaat yang telah di janjikan apabila kita mandi dengan air hangat tersebut, anda perlu waspada karena mandi dengan air hangat juga memiliki risiko dan bahaya yang siap menyerang anda, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Menurunkan Kesuburan Pria
Salah satu risiko utama berendam atau mandi dengan air hangat yaitu menurunnya kualitas hormon kesuburan pria. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan hormon kesuburan pria. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah).

Eksposur air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi hormon kesuburan pria karena membuat hormon kesuburan pria tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk matang. Perkembangan sperma terbaik dikenal pada lingkungan yang dingin.

Membahayakan Janin
Yang perlu anda ketahui bahwa mandi air hangat sebenarnya tidak bermasalah untuk ibu yang sedang hamil, tapi yang perlu diperhatikan adalah suhunya. Bila suhu air terlalu tinggi maka kegiatan mandi tersebut bisa membahayakan Bayi. Suhu yang tinggi terutama di awal-awal kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir pada keturunan yang dilahirkan.

Membuat kulit menjadi kering
Memang salah satu manfaat dari mandi dengan air hangat mampu membuat kulit kita menjadi lembab dan mencegah kulit kering namun yang perlu di ingat hal ini hanya bersifat sementara, dan lebih singkat dari pada saat kita mandi dengan menggunakan air dingin.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

3 Responses to "Manfaat dan bahaya mandi dengan air hangat"

  1. Terimakasih artikel ini sangat amat bermanfaat, tetap update terus ya gan / sist :).
    Sekalian mau menawarkan nih...

    pengen menawarkan Bisnis Online terbaik nih :
    dapatkan uang tambahan setiap hari,
    Daftar sekarang juga di W W W. C E B A N Q Q . C O M (TanpaSpasi)

    ? Minimal Deposit Hanya Rp. 10.000
    ? Bonus Cashback 0,4%.
    ? Bonus Referral 20%.

    BBM : cebanqq | WA : +855882805276 | LINE : cebanqq | FB : cebanqq

    CEBANQQ Menerima Deposit Dari Semua Bank (Sinarmas, Panin, Permata, Syariah, DLL) Untuk Info Transfer Silahkan Hubungi CS Kami

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.15.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

silahkan berikan komentar maupun pertanyaan seputar artikel diatas.
dilarang spam, terima kasih atas kunjungannya