Tips berpuasa bagi penderita maag

tips berpuasa bagi penderita maag - tanpa terasa bulan ramadhan telah datang, semua umat islam diwajibkan untuk melakukan puasa selama satu bulan penuh dan melakukan amalan amalan lainnya dengan tujuan untuk menjadikan kita semakin bertakwa.  puasa merupakan suatu hal yang sangat disarankan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh terutama sistem pencernaan kita, dengan melakukan puasa sistem pencernaan kita akan istirahat lebih dari 12 jam dalam satu hari, hal tersebut memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk  melakukan regenerasi diri.  
tips berpuasa bagi penderita maag, puasa sehat, puasa bugar
tips berpuasa bagi penderita maag

bagi orang yang tidak mengalami penyakit perut seperti maag, puasa bukan menjadi suatu masalah yang berarti karena ia dapat melakukannya tanpa ada rasa sakit, namun bagi orang yang memiliki penyakit maag tentu hal tersebut membuat nya merasa sangat sakit, dan mengandalkan obat maag sebagai cara yang biasa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat maag tersebut.  namun saat kita berpuasa kita tidak dapat mengkonsumsi obat maag tersebut setiap waktu.  

pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips tetap berpuasa bagi penderita maag, yang dapat anda lakukan secara mudah tanpa perlu khawatir merasakan sakit maag selama menjalani kegiatan puasa sehingga anda akan lebih khusuk dalam mengerjakan dan menambah amal ibadah yang lainnya.

Penyebab penyakit maag

sebelum kita bagikan tips berpuasa bagi penderita maag namun kita akan mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab dari timbul nya penyakit maag, sehingga anda dapat melakukan antisipasi agar tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan serangan maag.  penyebab maag sangat beragam namun ada beberapa penyebab utama nya yaitu : 

terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas
mengkonsumsi makanan pedas dengan porsi yang cukup banyak dan sering, dapat membuat anda mengalami penyakit maag hal ini disebabkan karena lambung anda akan bekerja dengan ekstra saat anda mengkonsumsi makanan pedas tersebut

terlalu banyak mengkonsumsi kafein
kafein ini biasanya terdapat pada kopi, dengan konsumsi yang banyak anda juga akan dapat terjangkit panyakit maag ini, walaupun kafein ini dapat bersifat menenangkan namun jika konsumsi dengan sering maka perut anda pun akan mengalami maag.

makan tidak teratur
konsumsi makanan yang tidak teratur dapat menyebabkan penyakit maag karena jika anda terbiasa makan 3x sehari, tiba tiba anda mengkonsumsi makanan hanya 1 kali sehari dalam beberapa waktu, maka hal tersebut mampu memicu timbulnya penyakit maag.

tips berpuasa bagi penderita maag

agar anda dapat melakukan ibadah puasa dengan nyaman dan terbebas dari penyakit maag, maka anda perlu untuk melakukan tips berpuasa bagi penderita maag ini.

hindari makanan yang pedas 
karena penyebab utama timbul nya maag ini adalah konsumsi makanan pedas yang berlebihan oleh karena itu pada saat berpuasa sebaiknya anda menjaga konsumsi makanan anda, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, asam dll.

konsumsi makanan dalam porsi kecil saat berbuka
sebaiknya saat anda berbuka puasa jangan langsung makan makanan yang berat seperti nasi dll, namun sebaiknya anda mulai dengan minum teh hangat ditambah dengan makanan yang ringan agar perut anda tidak kaget setelah berpuasa lebih dari 12 jam.

konsumsi karbohidrat saat sahur
pada saat sahur usahakan untuk mengkonsumsi karbohidrat hal ini untuk membuat anda tetap kuat selama menjalankan puasa seharian, dan mencegah anda terserang penyakit maag.

konsumsi obat maag saat berbuka, sebelum tidur, dan sahur.
agar anda terbebas dari penyakit maag yang menyerang pada saat anda berpuasa sebaiknya anda mengkonsumsi obat maag di waktu yang tepat yaitu saat berbuka, sebelum tidur dan sahur, hal ini untuk mengantisipasi timbulnya penyakit maag yang bisa menyerang sewaktu waktu

itu tadi beberapa tips berpuasa bagi penderita maag agar mendapatkan puasa yang lebih nyaman dan terbebas penyakit maag.  untuk mencegah timbulnya serangan maag pada siang hari sebaiknya anda mengkosumsi obat maag secara teratur. 

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips berpuasa bagi penderita maag"

Post a Comment

silahkan berikan komentar maupun pertanyaan seputar artikel diatas.
dilarang spam, terima kasih atas kunjungannya