5 cara paling tepat mengatasi mimisan

5 cara paling tepat mengatasi mimisan – mimisan atau sering disebut sebagai epistaksis dalam istilah kedokteran merupakan perdarahan dari hidung yang biasanya disebabkan oleh trauma pada hidung atau penyakit tertentu, yang biasanya di tandai dengan keluarnya darah dari hidung akibat adanya pendarahan yang terjadi di dalam rongga hidung yakni berupa robeknya selaput lender tipis pada bagian dalam hidung sehingga mengeluarkan darah.
5 cara paling tepat mengatasi mimisan, penyebab mimisan, cara mengobati mimisan dengan cepat
5 cara paling tepat mengatasi mimisan

Mimisan ini dapat menyerang semua usia, bukan hanya orang dewasa, mimisan juga dapat terjadi pada anak-anak, anda tidak perlu panik saat melihat buah hati anda mengalami mimisan secara tiba tiba.  Karena mimisan ini bukanlah penyakit yang berbahaya jika anak anda tidak dalam kondisi demam, namun kita juga jangan menggampangkan penyakit ini, kita perlu mengetahui penyebab dan cara paling tepat untuk mengatasi mimisan yang menyerang buah hati anda atau bahkan anda sendiri.

Penyebab mimisan

Mimisan memiliki banyak faktor penyebabnya, dengan mengetahui penyebab mimisan ini anda dapat melakukan pencegahan agar tidak mengalami mimisan dan atau tidak panik saat anda atau keluarga anda mengalami nya.  beberapa faktor penyebab mimisan antara lain :

Mimisan karena adanya polusi
Kondisi udara yang ada di lingkungan dan dihirup oleh anda tentu dapat mempengaruhi kesehatannya juga, sebagai contoh saat anda naik motor di jalanan tentu saja udara yang ada di sekitar anda telah tercemar oleh asap polusi kendaraan bermotor, jika ini terus di biarkan maka dapat membuat iritasi pada selaput lendir anda, sehingga menimbulkan mimisan.

Mimisan karena suhu yang ekstrim
Suhu udara ekstim misalnya perubahan suhu udara secara mendadak hal ini biasa terjadi pada saat musim pancaroba dimana, pada siang hari cuaca sangat panas dan terik sedangkan pada malam hari suhu cenderung berubah menjadi sangat dingin, jika tubuh anda tidak dalam keadaan fit maka anda akan sangat rentan terserang penyakit misalnya demam atau mimisan ini karena selaput lendir hidung menjadi kering dan pecah.

Mimisan karena adanya trauma
Hidung merupakan salah satu indra yang sangat sensitif terhadap benda asing yang masuk, salah satu penyebab mimisan yaitu adanya trauma yang ada pada hidung hal ini biasanya disebabkan karena terlalu sering mengorek hidung dengan keras, terbentur benda keras, mengeluarkan ingus terlalu keras atau bahkan adanya benda asing yang masuk ke rongga hidung tentu dapat menyebabkan masalah di hidung anda.

Mimisan karena adanya infeksi
Infeksi dan peradangan pada hidung akibat penyakit seperti demam berdarah (kurang trombosit), darah sulit membeku (hemofilia), leukemia (kanker darah), hipertensi (tekanan darah tinggi), influenza, sinusitis, tumor pada hidung, dsb

Cara paling tepat mengatasi mimisan

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab mimisan, selanjutnya saat anda atau keluarga anda mengalami mimisan, jangan panik berlebihan karena ada tips cara paling tepat untuk mengatasi mimisan yang dapat anda terapkan dengan cepat dan mudah.

Jangan membaringkan / menundukan kepala
Pada pertolongan pertama saat anda mengalami mimisan adalah jangan membaringkan atau menundukan kepala anda karena hal ini justru akan membuat mimisan semakin parah, selain itu hindari pula untuk mengangkat kepala ke atas (menengadah).

Pencet cuping hidung
Selanjutnya untuk menghentikan pendarahan yang muncul sebaiknya anda memencet cuping hidung (jangan terlalu keras) dengan ibu jari dan telunjuk, dan tahan kira-kira 3 s/d 5 menit dan bernafaslah sementara dengan menggunakan mulut. Bila setelah 5 menit masih tetap berdarah, pencet lagi cuping hidung selama 10 menit, lakukan kembali sampai pendarahan terhenti.

Gunakan daun sirih
Daun sirih memang telah menjadi bahan alami yang sangat ampuh untuk mengatasi pendarahan saat mimisan, cara menggunakannya pun sangat mudah cukup ambil 1 lembar daun sirih yang masih muda, bersihkan daun sirih dengan air, remas dan gulung daun sirih seperti corong lalu sumbatkan ke lubang hidung. Biarkan beberapa saat, dan posisi wajah anda menengadah ke atas. Daun sirih ini akan membantu mengecilkan pembuluh darah untuk menghentikan pendarahan.

Kompres dengan es batu
Kompres hidung dengan memakai handuk yang telah dibasahi air es tujuannya untuk mengecilkan pembuluh darah (vasokonstriksi) serta untuk membekukan darah yang keluar dari hidung sehingga perdarahan pun cepat berhenti.

Duduk dengan tegak
Anda dapat membuat posisi duduk pada anak anda dengan kepala agak sedikit maju kemudian anda dapat menggunakan jempol dan telunjuk untuk menutup lubang hidung dengan cara memijat selama 2 sampai 5 menit, bernafaslah lewat mulut. Hal ini bertujuannya agar darah tidak mengalir ke bagian belakang dan mengalir ke kerongkongan serta lambung (darah tertelan dan menimbulkan batuk atau mual sehingga anak muntah). Dengan posisi duduk akan membuat aliran darah menjadi lebih lambat karena letak posisi jantung lebih rendah dari hidung. Jangan dibaringkan, karena jika anak dibaringkan, darah akan mengalir relatif lebih cepat dan darah dapat tertelan karena posisi jantung berada sejajar dengan hidung.

Nah itu tadi beberapa cara paling tepat mengatasi mimisan yang dapat anda terapkan untuk melakukan pertolongan pertama, namun apabila setelah 10 menit perdarahan (mimisan) masih berlanjut, dan disertai panas, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk di berikan pertolongan yang lebih.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "5 cara paling tepat mengatasi mimisan"

  1. Terimakasih artikel ini sangat amat bermanfaat, tetap update terus ya gan / sist :).
    Sekalian mau menawarkan nih...

    pengen menawarkan Bisnis Online terbaik nih :
    dapatkan uang tambahan setiap hari,
    Daftar sekarang juga di W W W. C E B A N Q Q . C O M (TanpaSpasi)

    ? Minimal Deposit Hanya Rp. 10.000
    ? Bonus Cashback 0,4%.
    ? Bonus Referral 20%.

    BBM : cebanqq | WA : +855882805276 | LINE : cebanqq | FB : cebanqq

    CEBANQQ Menerima Deposit Dari Semua Bank (Sinarmas, Panin, Permata, Syariah, DLL) Untuk Info Transfer Silahkan Hubungi CS Kami

    ReplyDelete

silahkan berikan komentar maupun pertanyaan seputar artikel diatas.
dilarang spam, terima kasih atas kunjungannya